Mengulik Senjata Berbahaya Di Rusia

Mengulik Senjata Berbahaya Di Rusia

Dari beberapa situs yang sudah beredar, media di salah satu negara Amerika Serikat membuat suatu tulisan mengenai senjata rahasia Rusia yang berupa “ Kapal Selam Berbentuk Drone, si pembawa senjata berbahaya yang berakibat memicu adanya hari kiamat”. Di ketahui sudah nama Drone dari negara Rusi itu sendiri adalah ( Ocean Multiputpose System Status – 6 ). Di gadang-gadang, Drone tersebut bisa menempuh jarak sampai 10.000 Kilo Meter, serta bisa menyelam sejauh 1 Kilo Meter di bawah permukaan laut hingga mencapai kisaran jarak tempuh 103 km/jam.

Alat ini memang bertujuan untuk menghancurkan suatu unsur instalasi ekonomi yang penting dari si musuh. Sehingga nanti akan berakibat fatal pada bagian pesisir pantai yang di miliki oleh negara tersebut terutama di daerah teritorial si musuh. Dengan begitu radioaktif yang sudah menyebar di daerah tersebutpun, mau tidak mau mematikan perekonomian yang ada di sana serta aktivitas pada wilyah tersebut dalam jangkauan waktu yang sulit untuk di tentukan. Selain senjata yang baru saja di kutip oleh media di Amerika Serikat, masih ada lagi beebrapa senjata yang berbahaya di miliki oleh negara Rusia. Inilah senjata-senjata yang di maksudkan :

Senjata RS-28 Atau Satan-2

Lebih di kenal dengan julukan SATAN 2 , senjata ini merupakan salah satu link alternatif sbobet andalan daripada senjata lainnya yang di jadikan sebagai pertahanan negara di Rusia. Senjata ini bisa dikatakan sebagai senjata berbahaya di karenakan, dalam satu tembakan saja mampu membuat rata Pantai Timur di Amerika jika memang terjadinya Perang Dunia Ke3. Yang lebih parahnya lagi, senjata-senjata ini memiliki kekuataan yang sebanding dengan kekuatan pada saat Bom Atom di jatuhkan di Kota Hiroshima dan Nagasaki dalam Perang Dunia ke 2.

Dalam satu Rudal yang di buat oleh negara Rusia, bisa membawa kurang lebih ledakan Nuklir mencapai 20.00 Kiloton, jika di artikan lebih lanjut berarti rudal tersebut memiliki kekuatan melebihi ledakan di Kota Nagasaki.

Senjata Tsar Bomba

Ini merupakan salah satu senjata pertahanan yang kuat, berbentuk BOM. Dimana ledakan ini di beritakan menjadi ledakan mematikan no 1 di dunia. OMG, gimana kalau gak sengaja bom itu terledakan ya guys ? duhhhhh gak kebayangkan seremnya ☹. Tsar Bomba atau memiliki nama RDS 220 ini sebagai Raja/Kaisar dari bom yang ada di muka bumi ini.

Kekuatannya : 57 Megaton
• Setara Kekuatan : 10 x Total dari ledakan BOM PD ke 2, atau juga bisa di setarakan dengan 1400 x melebihi ledakan di Hiroshima dan Nagasaki.

Pernah terjadi percobaan di jatuhkannya Bom tersebut. Bahan peledak tersebut di terbangkan setinggi mungkin , kemudian di jatuhkan menggunakan kapal terbang. Ketika bahan tersebut jatuh, pilot di anjurkan bergegas pergi dengan di beri kisaran waktu 188 detik atau kurang lebih dalam waktu 3 menit kurang. Hasil yang di dapat adalah, desa yang letaknya 55 kilo meter dari ledakan pun luput hancur dan menghilang terkena efek dari bom tersebut. Untuk getaran yang di hasilkan pun hingga 1000 kilo meter dari lokasi peledakan tersebut terjadi.

Senjata Tank T-14

Ini menjadi salah satu kendaraan perang yang tangguh dan di andalkan dalam sistem pertahanan di negara rusia. Tembakan dari Tank T-14 ini per menit bisa mengeluarkan hingga 10 tembakan secara beruntun, dengan jarak kurang lebih 7 km jauhnya. Tank T-14 ini sudah membuktikan dengan mecoba melawan tank M1 milik dari Amerika Serikat, dimana tank M1 hanya bisa menembakkan kurang lebih 3 tembakan secara beruntun dengan jarak kisaran 4,6 km jauhnya. Kerennya Tank T-14 ini adalah, adanya Active Protection System / APS yang mampu membuat Tank T-14 ini anti dengan tembakan dari tank lainnya. Sytem itulah yang membuat NATO khawatir jika harus
berhadapan dengan Negara Rusia.

Itulah beberapa senjata berbahaya, yang dimiliki oleh Negara Rusia. Selain Nuklir, ternyata rusia sangat aktif membuat senjata-senjata canggih lainnya dengan kekuatan yang tidak terkira dari senjata pertahanan negara tersebut.

Selain Korea, Negara Ini Memiliki Nuklir Terbanyak Loh!!

Selain Korea, Negara Ini Memiliki Nuklir Terbanyak Loh!!

Setiap Negara memiliki pertahanan militeri yang berbeda-beda. Banyak bahan penyokong serta alat-alat bantu pertahanan yang di gunakan oleh tiap-tiap negara. Kapasitas, kekuatan dan juga banyaknya alat pertahanan serta alat untuk menyerang dari masing-masing negara memiliki jumlah yang berbeda. Negara Amerika Serikat, Korea Utara merupakan pesaing nuklir yang bisa dibilang cukup tangguh. Walau begitu, untuk senjata pertahanan semacam nuklir yang paling bagus, tangguh dan sulit untuk dikalahkan adalah nuklir dari negara Rusia.

Dalam hal ini Rusia menjadi negara yang tidak memiliki tandingan dalam melawan senjata yang di miliki negara tersebut. Korea Utara pun yang sering di sebut sebagai negara penuh dengan nuklir, sulit untuk mengimbangi atau bahkan menaklukan nuklir buatan negara rusia tersebut. Sebagaimana mestinya, suatu negara memang harus memiliki salkah satu senjata andalan yang memiliki keuatan yang cukup dahsyat, agar kiranya saat ada penyerangan dari negara lain, alat tersebut bisa membantu kemenangan dari negaranya.

Berikut ini, ada beberapa negara yang memiliki senjata nuklir terbanyak serta memiliki kekuatan yang bisa di bilang sangat bahaya jika negara tersebut mendapatkan serangan tersebut.

Nuklir Senjata Andalan Negara

Nuklir sendiri secara mendasar merupakan senjata yang memiliki daya tenaga cukup tinggi dari suatu reaksi kimia, dimana atom-atom atau pun partikel yang terdapat di dalam nuklir tersebut saling bertabrakan satu sama lain. Nuklir ini merupakan senjata berbahaya, karena setiap serangan yang di luncurkan, akan bisa memusnahkan kota-kota yang di serang oleh senjata tersebut. Nah, berikut ini kalian harus mewaspadai negara-negara yang memiliki jumlah nuklir terbanyak di dunia.

Negara Rusia

Nuklir terbanyak untuk saat ini di pegang oleh Negara Rusia. Dimana negara tersebut memiliki ribuan nuklir yang tersimpan sebagai pertahanan negaranya.

• Nuklir Rusia : 6.850 Nuklir
• Di keluarkan : 1.600 Nuklir
• Tersimpan : 2.750 Nuklir
• Di Pensiunkan : 2.500 Nuklir

Dengan nuklir-nuklir tersebutlah, Rusia sudah banyak sekali mengalahkan negara-negara yang ada di dunia ini. Usut punya usut, Negara ini memiliki triad nuklir yang sangat lengkap dengan pembom yang makin kesini makin di kembangkan atau di modernisasi.

Negara Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi pemegang nuklir terbanyak selanjutnya setelah negara Rusia. Seperti yang sudah di ketahui, bahwa negara Amerika Serikat dengan negara Rusia selalu melakukan “Perang Dingin”, dimana saat ini Amerika Serikat sering melakukan pengeksplorasian untuk opsi-opsi pengiriman senjata nuklir yang cukup luas. Sama halnya dengan Rusia, Amerika Serikat juga memiliki ribuan Senjata Nuklir yang di pakainya untuk pertahanan negaranya.

• Senjata Nuklir : 6.450 Nuklir
• Yang Di Aktifkan : 1.750 Nuklir
• Yang Di Simpan : 2.050 Nuklir
• Yang Di Pensiunkan : 2.650 Nuklir

Negara Perancis

Ketiga terdapat di kota penuh dengan model-model cantiknya. Untuk perancis sendiri kurang lebih memiliki 50 lebih pesawat yang bisa meluncurkan rudal tersebut. Sama dengan Inggris, Perancis juga memiliki 4 kapal selam yang bertenaga nuklir. Dimana salah satunya di gunakan untuk berpatroli di wilayah sekitar Perancis. Berbanding jauh dengan dua negara yang telah di tuliskan tadi, negara perancis hanya memiliki ratusan senjata nuklir saja yang di gunakan unntuk mempertahankan negaranya.

• Senjata Nuklir : 300 Nuklir
• Yang Di Aktifkan : 290 Nuklir
• Yang Di Simpan : 10 Nuklir
• Yang Di Pensiunkan : –

Negara Cina

Jauh sebelum adanya nuklir di negara ini sekitar tahun 1957, pemimpin bernama Mao Zedong mengatakan kurang lebihnya “ aku tidak pernah takut dengan yang namanya serang nuklir yang berakibat musnahnya sebagian populasi manusia yang ada di cina, kurang lebih 2,7 miliar orang di dunia ini hidup dengan populasi 600 jt jiwa dimiliki oleh orang cina, jika 300 jt jiwa musnah di karenakan terkena ledakan tersebut, masih ada 300 jt jiwa lagi yang akan tersisa dan bisa menambahkan populasi baru. Maka dari itu saya tidak takut kepada siapapun !”. dalam hal nuklir, senjata yang dimiliki hanya 280 Nuklir dan semuanya itu disimpan tidak ada yang di aktifkan maupun di pensiunkan.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai senjata nuklir yang ternyata tidak hanya di miliki oleh negara Korea Utara saja, tetapi negara lain pun memiliki dengan jumlah yang sangat banyak. Terima Kasih.

Lamun — senjata rahasia dalam perang melawan pemanasan global

Lamun — senjata rahasia dalam perang melawan pemanasan global

Salah satu ekosistem paling terancam namun terabaikan di Bumi, serta memiliki masa depan yang menjanjikan berkat kemampuannya menyerap karbon.

Lamun adalah tanaman laut berbunga yang bilahnya membentuk padang rumput lebat di daerah dangkal, terlindung di sepanjang garis pantai. Ini memiliki berbagai manfaat: Lamun bertindak sebagai pembibitan dan sumber makanan untuk berbagai kehidupan laut, menyediakan rumah bagi banyak ikan dan hewan karismatik seperti kura-kura dan duyung, melindungi garis pantai dengan menyerap energi gelombang, menghasilkan oksigen dan membersihkan samudra dengan menyerap polusi nutrisi yang diproduksi di darat oleh manusia.

Selain itu, serangkaian menyumbang 10 persen dari kapasitas laut untuk menyimpan karbon – yang disebut “karbon biru” – meskipun hanya menempati 0,2 persen dari dasar laut, dan dapat menangkap karbon dari atmosfer hingga 35 kali lipat. lebih cepat dari hutan hujan tropis.

Menurut The Ocean sebagai Solusi untuk Perubahan Iklim: 5 Peluang untuk Aksi, yang diterbitkan oleh World Resources Institute, sementara potensi mitigasi per unit luas restorasi lamun relatif tinggi, meskipun tidak setinggi untuk memulihkan rawa-rawa garam atau bakau, mitigasi potensi konservasi lamun sangat tinggi, dan jauh lebih tinggi daripada rawa-rawa garam dan bakau.

Namun, penting untuk dipahami bahwa ada banyak yang tidak diketahui dengan lamun

“Data pada tutupan regional dan cadangan karbon di padang lamun jarang untuk beberapa wilayah, khusus Indo-Pasifik, Afrika dan Amerika Selatan,” kata sebuah laporan yang berjudul kompatibilitas kapasitas padang lamun untuk penguburan karbon: Keterbatasan saat ini dan strategi masa depan.

“Selain itu, memahami kami tentang faktor-faktor yang terkait dengan variabilitas dalam alokasi karbon di antara padang lamun terbatas. Kesenjangan ini menggantikan kapasitas untuk merumuskan strategi bermain di agen sbobet untuk mengurangi perubahan pada kapasitas penyerap karbon padang lamun, ”tambah laporan itu.

Namun demikian, potensi lamun untuk menyerap karbon sekarang mulai mendapatkan perhatian internasional karena berusaha untuk memperbaiki keadaan darurat menjadi semakin sulit. Laporan terbaru oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, yang mendukung pada lautan dan cryosphere, menunjukkan bahwa hutan bakau, rawa-rawa, garam dan hutan dapat menyimpan hingga 1.000 ton karbon per hektar – jauh lebih tinggi berdasarkan kondisi iklim.

Memenuhi komitmen iklim

Pemulihan habitat ini dapat diperhitungkan dalam rencana perubahan iklim nasional. Setiap penandatangan Perjanjian Paris diharuskan untuk menyerahkan rencananya, atau kontribusi yang ditentukan secara nasional, kepada PBB, dengan rencana yang berurutan menjadi lebih ambisius.

Potensi lamun dalam kontribusi yang ditentukan secara nasional adalah signifikan, karena sekitar 159 negara memiliki lamun di pantainya. Sebuah analisis yang akan segera diterbitkan oleh GRID-Arendal, sebuah yayasan Norwegia yang bekerja dengan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP), menemukan bahwa 10 negara telah memasukkan lamun dalam kontribusi yang ditentukan secara nasional saat ini. Lima negara merujuk pada konservasi dan restorasi dalam aksi mitigasi, sementara delapan negara berencana menggunakannya dalam adaptasi.

“Jelas ada peluang besar yang terlewatkan di sini, dan potensi lebih banyak negara untuk memasukkan lamun sebagai bagian dari kotak alat mereka untuk mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim,” kata pakar ekosistem laut UNEP Gabriel Grimsditch.

“Padang lamun dengan cepat menghilang di banyak bagian dunia,” tambahnya. “Dampak dari satu miliar orang atau lebih yang tinggal dalam jarak 50 km dari mereka sebagian besar adalah penyebabnya, termasuk kerusakan akibat pembangunan pesisir dan kualitas air yang terdegradasi dari polusi nutrisi. Tingkat penurunan tahunan telah dipercepat, dengan tingkat kehilangan yang sebanding dengan terumbu karang dan hutan hujan tropis. “

Meningkatkan restorasi lamun

Sementara itu, negara-negara termasuk Amerika Serikat dan Swedia telah bereksperimen dengan restorasi lamun selama beberapa tahun. Dan sebuah tim di Inggris akan memulai proyek restorasi lamun terbesar yang pernah dilakukan di perairannya.

Namun, pemulihannya rumit dan mahal. Bukti menunjukkan bahwa semakin besar proyeknya, semakin besar peluang keberhasilan — jika proyek terlalu kecil, sangat rentan terhadap kerusakan. UNEP dan Konvensi Nairobi akan meluncurkan manual restorasi lamun untuk Samudera Hindia Barat dalam waktu dekat.

“Manusia belum memiliki pengalaman jangka panjang menanam di laut, berbeda dengan pengalaman kami selama berabad-abad di darat. Jika memungkinkan, lebih baik untuk melestarikan apa yang sudah kita miliki, “kata Grimsditch.

Dekade PBB tentang Restorasi Ekosistem 2021-2030, yang dipimpin oleh Program Lingkungan PBB, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mitra-mitra seperti Afr100, Forum Bentang Alam Global dan Uni Internasional untuk Konservasi Alam, mencakup terestrial juga sebagai ekosistem pesisir dan laut. Seruan global untuk bertindak, ini akan mengumpulkan dukungan politik, penelitian ilmiah, dan kekuatan finansial untuk meningkatkan restorasi secara besar-besaran. Bantu kami membentuk Dekade.

Inilah Daftar Senjata Nuklir Terbesar Dalam Sejarah

Inilah Daftar Senjata Nuklir Terbesar Dalam Sejarah

Tsar Bomba merupakan senjata termonuklir terbesar dan terkuat yang pernah diciptakan.
(Source: www.pexels.com)

Senjata nuklir merupakan sebuah alat peledak dengan kekuatan destruktif yang berasal dari reaksi nuklir. Maka dari itu, sekecil apapun bentuk dan kekuatan senjatanya, hasilnya tetap akan mematikan. Akan tetapi, ternyata ada beberapa senjata nuklir terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Senjata apa saja itu?

Tsar Bomba

Senjata buatan Uni Soviet ini pertama kali diledakkan pada tanggal 30 Oktober 1961 di pulau Novaya Zemlya. Meski diberi kode nama “Tsar Bomba”, tetapi sebenarnya senjata nuklir satu ini memiliki setidaknya sebelas nama lain yaitu Project 7000, Izdeliye 202, Izdeliye V, RDS-220, RDS-202, RN202, AN602, Vanya, Big Ivan, Kuzkina Mat, dan Kuzma’s Mother.

Senjata ini tidak hanya diciptakan sebagai alat propoganda politik dan sebuah respon terhadap Amerika Serikat, tetapi Tsar Bomba juga diciptakan sebagai bagian dari konsep kekuatan nuklir strategis USSR yang dibuat di bawah kekuasaan Georgy Malenkov dan Nikita Khrushchev. Tsar Bomba merupakan senjata termonuklir terbesar dan terkuat yang pernah diciptakan. Bom hidrogen ini diledakkan dengan cara dijatuhkan melalui udara oleh peledak bom Tu-95 dengan menggunakan parasut penghambat agar bom tidak langsung jatuh. Ledakan terjadi sekitar 4 km di atas tanah dan menghasilkan hasil 50Mt. Hal tersebut diyakini setara dengan daya ledak 3.800 bom Hiroshima yang diledakkan secara bersamaan. Selanjutnya, berbeda dengan senjata termonuklir lainnya, bom ini memiliki tiga tahap sebelum benar-benar meledak. Yang mana hal tersebut membuat kekuatan ledakan semakin meningkat.

B41

Bom yang memiliki nama lain Mk-41 ini memiliki hasil 25Mt dan merupakan senjata termonuklir kekuatan milik Amerika Serikat. Terkait bom ini, sekitar 500 bom diproduksi pada tahun 1960 hingga tahun 1962. Selanjutnya, bom digunakan hingga tahun 1976.

Pengembangan Mk-41 yang dilakukan di tahun 1955 sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan angkatan udara Amerika akan senjata termonuklir kelas B yang memiliki berat sebesar 10 ribu pon. Untuk prototipe sendiri, uji coba terhadap senjata nuklir ini dilakukan selama fase pertama Operation Hardtack pada tahun 1958. Sama seperti Tsar Bomba, Mk-41 juga memiliki tiga tahapan yang harus dilewati sebelum benar-benar meledak dengan kekuatan penuh.

TX-21 “Shrimp”

Selain senjata nuklir Mk-41, Amerika Serikat juga memiliki bom termonuklir lain bernama TX-21 “Shrimp” yang diledakkan pada tanggal 1 Maret 1954 di Bikini Atoll, pulau Marshall. Ledakan TX-21 “Shrimp menghasilkan kekuatan ledakan sebanyak 14.8Mt.

Meskipun bom ini menempati urutan ketiga, tetapi ternyata TX-21 “Shrimp” merupakan varian bom skala kecil dari senjata termonuklir lain bernama TX-17 yang pertama kali diuji coba pada tahun 1954. Bom tersebut menggunakan bahan bakar fusi lithium deuteride. Kemudian, bahan bakar untuk bom hidrogen dua tahap ini memiliki sekitar 37 persen hingga 40 persen lithium-6 yang di dalam tamper uranium alami yang tertutup.

Kembali ke senjata termonuklir TX-21, bom tersebut meledak 7 kaki di atas permukaan yang menyebabkan ada kejatuhan radioaktif yang tersebar lebih dari 11 ribu kilometer. Bahkan, ledakan tersebut mengakibatkan tersebarnya zat radioaktif di beberapa bagian di Asia, Australia, Amerika, dan Eropa.

MK 24/B-24

Merupakan salah satu dari beberapa bom termonuklir terkuat buatan Amerika Serikat, MK 24 didesain berdasarkan alat uji Yankee. Yankee merupakan salah satu dari enam peledak dalam seri uji coba ledakan nuklir Castle. Bom ini diproduksi dalam beberapa konfigurasi yang berbeda dengan kekuatan ledakan bermacam-macam, mulai dari 10Mt hingga 15Mt. Selain itu, MK 24 memiliki tampilan yang sama dengan bom termonuklir Mk-17.

Amerika Serikat memproduksi setidaknya 105 buah MK 24 pada tahun 1954 hingga tahun 1955. Meski begitu, masa pemakaian bom ini langsung selesai di tahun 1956.

Berikut Senjata Tradisional Khas Papua yang Harus Kamu Ketahui

Berikut Senjata Tradisional Khas Papua yang Harus Kamu Ketahui

Busur dan Panah merupakan salah satu senjata tradisional Papua

Tanah Papua dikenal sebagai daerah yang memiliki pesona alam yang sangat indah. Karena keindahan alamnya, Papua mempunyai berbagai destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya soal destinasi wisata saja, Papua juga terkenal dengan budayanya yang kental dan masih tradisional.

Menyinggung soal tradisional, masyarakat yang hidup di pedalaman Papua masih memanfaatkan berbagai bahan alami dan sangat natural untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, termasuk soal senjata yang digunakan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai senjata tradisional khas tanah Papua dan juga kegunaannya. Seperti apa gambarannya? Mari kita simak!

Busur dan Panah 

Busur dan panah adalah salah satu senjata paling populer digunakan oleh masyarakat Papua. Senjata ini sering mereka gunakan untuk berburu hewan di hutan seperti babi maupun hewan lainnya. Selain untuk berburu hewan untuk dikonsumsi, busur dan panah juga sering dipakai untuk berperang. Mengingat kerap terjadi konflik diantara kelompok masyarakat Papua.

Bahan yang digunakan untuk membuat busur dan panah adalah kayu rumi dan seutas tali yang berbahan dasar rotan. Sementara untuk panahnya terbuat dari kayu dengan mata panahnya yang terbuat dari tulang hewan yang telah diruncingkan. Mata panah ini biasanya akan diolesi oleh cairan racun yang berasal dari getah tumbuhan hutan. Tujuannya agar menambah efek luka.

Pisau Belati

Tahukah Anda bahwa pisau belati sangat jauh berbeda dengan pisau belati pada umumnya yang ada di daerah-daerah di Indonesia? Biasanya belati terbuat dari logam, namun bilah belati dari Papua justru terbuat dari tulang kaki burung kasuari, yang merupakan fauna khas Papua.

Alasan mengapa tulang burung kasuari dipilih karena mudah untuk dibentuk dan ditajamkan, tapi tetap memiliki struktur yang kuat. Pada gagang atau pegangan pisau belati Papua, umumnya juga dilengkapi dengan hiasan bulu dari burung kasuari atau serat yang berasal dari alam.

Tombak

Tombak juga merupakan senjata tradisional khas Papua yang sering digunakan untuk serangan jarak jauh. Senjata ini dipakai dalam berburu atau perang. Pada pegangannya, tombak terbuat dari kayu, sedangkan mata tombak terbuat dari batu atau tulang tajam.

Seiring dengan kemajuan zaman, kini senjata juga mengalami inovasi. Senjata khas Papua yang satu ini pun turut mengikuti perkembangan. Kini, mata tombak kerap ditemukan berbahan dasar logam, tidak lagi menggunakan batu atau tulang. Bahkan di beberapa tempat, mata tombak mengalami modifikasi.

Kapak Batu

Masyarakat pedalaman Papua di masa lampau menggunakan bebatuan tajam untuk mata kapak untuk bertani. Cara membuatnya, batuan ini diikat dengan rotan di bagian pegangannya yang terbuat dari sepotong tongkat kayu. 

Namun hal yang disayangkan adalah, jenis senjata tradisional ini sudah mulai punah akibat tergerus perkembangan zaman. Hanya kelompok tertentu di pedalaman hutan yang masih memanfaatkan kapak batu.

Senjata tradisional memang biasanya berbahan dasar dari alam dan masih sederhana. Namun senjata tradisional juga tidak bisa diremehkan, pembuatannya cukup sulit dan efek yang dapat dirasakan setelah menggunakan senjata tradisional juga sangat terasa.

Setelah mengetahui senjata tradisional Papua, semoga lebih memperluas wawasan kita mengenai keragaman kebudayaan Indonesia. Alangkah baiknya jika kita memperkenalkan dan menyadarkan orang-orang yang belum mengetahui kekayaan budaya di Indonesia. Karena akan sangat menyedihkan jika sanak saudara kita lebih mengetahui kebudayaan negara lain dibandingkan dengan mengetahui kebudayaannya sendiri. 




Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa